Analisis Kinerja UKM di Kota Pontianak: Perspektif Gaya Kepemimpinan, Orientasi dan Keunggulan Bersaing

Keywords: Gaya Kepemimpinan Wirausaha, Keunggulan Bersaing, Kinerja UKM, Orientasi Kewirausahaan, Pontianak.

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah melihat sampai ditahap mana pelaku UKM khususnya generasi milenial dan gen z mempunyai motivasinya apakah sudah pada tahap pertumbuhan pada usahanya atau belum sampai pada tahap tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja UKM yang tinjau dari perspektif gaya kepemimpinan, orientasi dan keunggulan bersaing pada pelaku UKM generasi milenial dan gen z di Kota Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan sampel dalam penelitian ini adalah pelaku UKM generasi milenial dan gen z di Kota Pontianak dengan jumlah 400 responden. Analisis menggunakan SEM-PLS dengan smart-PLS 3.0. Hasil penelitian ini menemukan gaya kepemimpinan wirausaha, orientasi kewirausahaan dan keunggulan bersaing memberikan pengaruh terhadap kinerja UKM, gaya kepemimpinan wirausaha memberikan pengaruh terhadap keunggulan bersaing dan orientasi kewirausahaan tidak memberikan pengaruh terhadap keunggulan bersaing. Implikasi dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan orientasi kewirausahaan dari sisi pengambilan risiko dan meningkatkan inovasi dalam rangka untuk meningkatkan keunggulan bersaing bagi bisnis yang dijalani. Kebaruan dalam penelitian ini adalah indikator kinerja UKM yang digunakan adalah growth measurement.

 

Abstract - The problem in this study is to see to what stage SMEs, especially the millennial generation and gen z, are motivated, whether at the growth stage of their business. This study aimed to analyze the performance of SMEs from the perspective of leadership style, orientation, and competitive advantage in millennial and gen z SMEs in Pontianak City. This research is quantitative, and the samples in this study are millennial generation and gen z SMEs in Pontianak City with a total of 400 respondents. Analysis using SEM-PLS with SmartPLS 3.0. The results of this study found that entrepreneurial leadership style, entrepreneurial orientation, and competitive advantage influence SME performance, entrepreneurial leadership style influences competitive advantage, and entrepreneurial orientation does not influence competitive advantage. The implication of this research is to increase entrepreneurial orientation in risk-taking and innovation to increase the business's competitive advantage. The novelty in this study is that the SME performance indicator used is growth measurement.

Published
2024-10-30