Efektivitas Iklan TV Mobile Banking Terhadap AIDA

  • Indri Ati Kusumaningsih Universitas Sahid, Jakarta, Indonesia
  • Levyda Levyda Universitas Sahid, Jakarta, Indonesia
  • Ani Siska MY Universitas Sahid, Jakarta, Indonesia
Keywords: AIDA, Efektivitas Iklan TV, M-Banking

Abstract

TV Iklan mempengaruhi perilaku pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efekitivas iklan TV BNI m-banking dan terhadap respon penonton yang diukur dengan AIDA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah karyawan yang pernah melihat iklan BNI m-banking. Jumlah sampel penelitian ini adalah 130 orang yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Data diolah dengan menggunakan SMART PLS 4. Hasil penelitian adalah iklan TV cukup efektif dalam mempengaruhi perilaku pelanggan,ditinjau dari kemampuan menghibur, kreativitas, frekuensi, bintang iklan dan kemudahan diingat. Respon penonton yang diukur dengan attention, interest, desire dan action, tergolong tinggi. Hasil uji signifikasi menunjukkan ada pengaruh efekivitas iklan TV terhadap attention, interest, desire dan action. Pengaruh efektivitas iklan TV terhadap attention dan interest tergolong lemah sedangkan pengaruh efektivitas iklan TV terhadap desire dan action tergolong moderat. Untuk meningkatkan AIDA maka efektivitas iklan TV harus ditingkatkan.  Peningkatan efektvitas iklan dapat dilakukan dengan cara membuat iklan yang menghibur, iklan yang kreatif, iklan yang mudah diingat, iklan yang sering ditayangkan, dan bintang iklan yag menarik. Elemen AIDA yang perlu ditingkatkan adalah attention agar penonton menaruh perhatian, senang dan melihat iklan tersebut sampai selesai, serta meningkatkan pengetahuan audience.

Published
2024-02-01