Faktor-Faktor Penentu Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh leverage, aktivitas, dan likuiditas terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022. Penelitian ini memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai profitabilitas, software yang berbeda serta periode yang berbeda. Penelitian ini mengambil sudut pandang dari perkembangan dan manajemennya dalam profitabilitas. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan mengambil sampel perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2022 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 10 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah leverage, aktivitas, likuiditas. Uji yang digunakan adalah analisis regresi data panel, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji koefisien determinasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini diolah menggunakan aplikasi eviews 12. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa leverage dan likuiditas berpengaruh dan signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan aktivitas tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. berdasarkan hasil uji secara simultan, dapat diketahui bahwa leverage, aktivitas, dan likuiditas secara bersama-sama berpengaruh terhadap profitabilitas dengan koefisien determinasi sebesar 44,81%. Implikasi penelitian ini adalah perusahaan diharapkan dapat menemukan keseimbangan yang tepat antara mengelola risiko dari utang dan kebijakan dalam pengelolaan aset likuit yang efektif untuk menghadapi tantangan dalam mencapai profitabilitas yang optimal.