Telaah Kualitas Pelayanan PT Triloka Griya Bowling Terhadap Kepuasan Pelanggan

  • Gitta Vania Naulibasa Universitas Jakarta
  • Dinda Erika Yunishari Universitas Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
  • Kevin Ewaldo Universitas Indonesia, DKI Jakarta, Indonesia
Keywords: Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Regresi Linear Berganda, Teknologi.

Abstract

Penggunaan teknologi membantu perkembangan dan kemajuan industri di dunia. Pemanfaatan teknologi dapat digunakan untuk mengetahui respons pelanggan/konsumen terhadap kualitas pelayanan di suatu perusahaan. Hal ini dapat berguna sebagai dasar dan acuan dalam melakukan pengembangan dan inovasi suatu perusahaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui kepuasan konsumen terhadap atribut pelayanan yang diberikan oleh PT Triloka Griya Bowling. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 60 responden yang ditentukan menggunakan metode slovin. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan menentukan kriteria khusus bagi responden. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada variabel reliability dan responsiveness. Kedua variabel ini merupakan dimensi yang menjadi indikator dalam kualitas pelayanan suatu perusahaan. Selain itu, secara simultan seluruh variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil ini maka terdapat beberapa saran yang dapat dilakukan oleh perusahaan, seperti meningkatkan kapasitas pegawai dan melakukan pelatihan untuk membentuk sikap yang lebih baik terhadap pelanggan. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan yang datang ke perusahaan tersebut.

Published
2023-11-02