Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Wilayah DKI Jakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas layanan baik secara parisal maupun simultan terhadap keputusan pembelian. Tanggapan konsumen atas keputusan pembelian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengambilan keputusan strategi pemasaran yang tepat bagi Tokopedia. Pendekatan dalam menganalisis permasalahan adalah dengan menggunakan pendekatan korelasional antar varibel dependen dengan independennya. Variabel independent dalam penelitian ini adalah Kualitas Produk, harga, dan kualitas layanan, sedangkan variabel dependen adalah keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode random sampling dengan jumlah sampel 100 responden khususnya di wilayah DKI Jakarta. Metode analisis data menggunakan software SEM-PLS versi 3.0. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil statistik tersebut dan tanggapan responden yang merasa sangat puas atas kualitas produk dan kualitas layanan Tokopedia, namun merasa kurang puas dengan harga yang dirasakan mahal dibandingkan marketplace lainnya, perlu evaluasi strategi harga yang ditetapkan untuk meningkatkan terjadinya keputusan pembelian konsumen pada pada Tokopedia.