Analisis Media Sosial Marketing dan Optimasi Mesin Pencari (SEO) Terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial marketing dan optimasi mesin pencari (SEO) terhadap kesadaran merek dan minat beli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pengambilan sampel penelitian ini menggunakan non probabilitas sampling dengan teknik purposive sampling yang dilakukan dengan memilih sampel berdasarkan kriteria tertentu. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai pengembangan ilmu pengetahuan mengenai digital marketing terlebih pada bidang media sosial marketing dan optimasi mesin pencari (SEO) serta dapat menambah studi mengenai kesadaran merek dan minat beli. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari 100 responden. Alat analisis yang digunakan adalah teknik outer model dan inner model dengan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukan menujukan: (1) media sosial marketing berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli; (2) media sosial marketing berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek; (3) optimasi mesin pencari berpengaruh secara signifikan terhadap kesadaran; (4) optimasi mesin pencari berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli; (5) kesadaran merek berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli; (6) media sosial marketing tidak berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap minat beli; dan (7) optimasi mesin pencari tidak berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap minat beli.