Komparasi Persepsi Strategi Pemasaran Toko Online Pada Konsumen di Jakarta Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan strategi pemasaran (produk, harga, distribusi dan promosi) pada Lazada, Shopee, Tokopedia, Blibli.Com dan Bukalapak. Kegunaan hasil penelitian ini memberikan manfaat sebagai referensi kajian dalam strategi pemasaran toko online, kajian faktor untuk membandingkan strategi pemasaran, sebagai masukan dan pandangan terhadap strategi pemasaran dalam mengantisipasi meningkatnya persaingan.Penelitian ini adalah penelitian survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel secara langsung dari populasi sebanyak. Lokasi penelitian dipilih pada konsumen toko online di Jakarta. Responden ditentukan dengan tehnik non probabilitas sampling, dengan metode penetapan sampel pada tipe purposive judgement sampling sebanyak 200 responden dengan kriteria; pengguna dan bertansaksi secara online shope pada Lazada, Shopee, Tokopedia, Blibli.Com dan Bukalapak, and konsumen berdomisili Jakarta. Uji yang digunakan dalam analisis yaitu Chisquare dan uji post hoc test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; konsumen setuju bahwa strategi pemasaran produk pada masing masing toko online berbeda baik dari segi kualitas produk maupun variasi produk, konsumen setuju bahwa strategi pemasaran harga yang diberikan pada masing-masing toko online berbeda baik dari segi harga yang terjangkau maupun harga sesuai dengan manfaat, konsumen setuju strategi pemasaran distribusi yang dilakukan pada masing-masing marketplace berbeda baik dari segi pendistribusian ataupun lokasi jangkauan, dan konsumen setuju bahwa strategi pemasaran promosi pada masing-masing toko online berbeda baik dari kupon atau potongan harga.