Evaluasi Kualitas Berita dan Citra Merek dalam Mendorong Keputusan Pembelian Tribun Jateng

  • Eva Purnamasari Politeknik Negeri Semarang
  • Christiningsih Wahyono Politeknik Negeri Semarang
Keywords: Citra Merek, Keputusan Pembelian, Kualitas Berita

Abstract

Surat kabar merupakan salah satu bentuk media massa yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu, yang kini mulai meredup polularitasnya tergeser dengan media online. Salah satu surat kabar lokal yang berada di Jawa Tengah yaitu koran Tribun Jateng masih banyak dijumpai distribusi dan penjualannya di sekitar kita. Namun volume penjualan Tribun Jateng cenderung fluktuatif. Banyak factor yang mempengaruhi keputusan pembelian surat kabar di era serba online. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas berita dan citra merek terhadap keputusan pembelian surat kabar Tribun Jateng. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Pada hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kualitas berita dan citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian surat kabar Tribun Jateng. Dimana kualitas berita dan citra merek memberikan kontribusi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 54,1% sedangkan sisanya yaitu 45,9% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2023-03-08