Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Bank-Bank Pemerintah di Kawasan Melawai Jakarta Selatan

  • Alex Zami Alex Zami STIE YAI
Keywords: Kepercayaan Atasan (X1), Semangat Kerja (X2), Penghargaan (X3, Kinerja Karyawan (Y)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuK menguji pengaruh dari Kepercayaan Atasan Semangat Kerja dan Reward Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Pemerintahan Didaerah Melawai Jakarta Selatan, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif dan verifikatif, dengan pendekatan kuantitatif dan hubungan sebab-akibat. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bank-bank pemenrintah di kawasan Melewai Jakarta Selatan, berjumlah 60 orang, sedan sampel yang ditetapkan berjumlah 34 orang berdasar metode slovin, yang ditarik secara acak (simple random sampling) dengan mengunakan kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji instrumen data, uji asumsi klasik, Uji regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji determinasi (R.Square) yang dilakukan menggunakan aplikasi program IBM SPSS V25.
Penelitian ini berhasil membuktikan adanya pengaruh simultan  Kepercayaan Atasan, Semangat Kerja dan Penghargaan terhadap Kinerja Karyawan Bank-Bank Pemerintah di Kawasan Melawai Jakarta Selatan, dengan nilai R.Square 66,7%. Dan nilai Fhitung sebesar 26,093 > Ftabel 2,84.Secaran parsial variable Kepercayaan Atasan memiliki pengaruh paling dominan, sedangkan variabel Semangat Kerja pengaruhnya tidak signifikan.
Penelitian ini merekomendasikan agar pihak manajemen melakukan perbaikan dan peningkatan terhadap implemetasi ketiga variabel eksogen di atas, dengan prioritas pada variabel  Kepercayaan Atasan, khususnya pada dimensi dan indikator.

Published
2022-06-30