Peran Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Variabel Intervenlng Profitabilitas Pada Penentuan Nilai Perusahaan Semen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • ida ibrahim sekolah tinggi ilmu ekonomi YAI
  • Swesti Mahardini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAI
  • Adam Yahya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAI
Keywords: Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, ProfitabiIitas, NiIai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, serta peran profitabilitas memediasi struktur modal dan ukuran perusahaan pada perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan menggunakan multiple regression dan analisis jalur sebagai pendekatannya. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2019. sampling. Data diperoIeh dari pubIikasi lndonesia Stock Exchange (lDX).

HasiI peneIitian menunjukkan bahwa struktur modaI dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap niIai perusahaan. ProfitabiIitas juga  tidak dapat memediasi  pengaruh struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap niIai perusahaan. Meskipun demikian, apabila struktur modal berasal dari hutang bertambah, maka profitabilitas yang dihasilkan akan menurun. Demikian pula juga dengan ukuran perusahaan, semakin besar ukuran perusahaan maka profitabilitas akan menurun. Namun profitabiIitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang secara tidak Iangsung tidak dapat meningkatkan niIai perusahaan dengan Iebih tinggi.

 

Published
2022-06-29