Determinan Faktor Impulse Buying Platform E-Commerce

  • Genta Pamekas STIE Indonesia Banking School
  • Santi Rimadias STIE Indonesia Banking School
  • Bani Saad STIE Indonesia Banking School
Keywords: Pembelian Impuls Online, Kualitas Situs Web, Promosi Penjualan, Pengaruh Sosial

Abstract

Belanja online melalui marketplace atau e-commerce lainnya semakin diminati masyarakat Indonesia. Banyak alasan konsumen memilih belanja online daripada offline. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas website, promosi penjualan dan pengaruh sosial terhadap pembelian impulsif online di platform Tokopedia.

Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan instrumen pengambilan sampel dan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen e-commerce Tokedia di Sukabumi, Cirebon, dan Banjar. Teknik yang digunakan dengan menggunakan kuesioner online menggunakan google form. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah 208 responden dengan menggunakan metode analisis Regresi Berganda dalam SPSS 16. Penelitian ini memberikan hasil analisis yang dirangkum sebagai berikut: 1. Website Quality (WQ) menganggap negatif tidak signifikan terhadap Impulse Online Purchases (OIB). 2. Promosi Penjualan berpengaruh positif signifikan terhadap Online Impulse Purchase (OIB). 3. Pengaruh sosial berpengaruh positif signifikan terhadap Impulse Online Purchases (OIB).

Published
2019-02-28