Telaah Strategi Pemasaran: Upaya Meningkatkan Daya Saing Pasar Bisnis Online di Masa Pandemi Covid-19

  • Estu Mahanani Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Strategi pemasaran, daya saing, pasar bisnis online, pandemi Covid-19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kegiatan dan potensi UMKM di Pasar online, serta menyusun strategi pemasaran dalam pengembangan usahanya. Metode analisis dalam menjawab permasalahan ini menggunakan studi literature dengan pendekatan deskriptif analitik tentang Strategi Segmentation, Targeting dan Positioning (STP), Kualitas Pelayanan (Service Quality) dan analisis SWOT. Obyek penelitian adalah usaha kecil dan menengah Zaidan’s Olshop. Data diperoleh dari hasil survey kepada konsumen dengan metode pemilihan sample menggunakan convenience sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan analisis STP strategi yang digunakan sudah tepat dengan melakukan positioning usahanya sebagai produk makanan dan herbal kesehatan yang bervariatif, bermutu, dan harga kompetitif. Hasil analisis Servqual (Service quality) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan cukup baik. Berdasarkan analisis SWOT perlu meningkatan jumlah hasil penjualan dengan perluasan varian/lini produk, penggunaan promosi digital pengembangan kemitraan dengan reseller dan dropshiper, peningkatn hubungan kerjasama dengan supplier dan jasa pengiriman, peningkatan mutu produk dengan harga terjangkau, serta peningkatan mutu sumber daya manusianya.

Published
2021-06-30