Brand Awareness dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian

  • Irwan R. Osman STIE Y.A.I
Keywords: Brand Awareness, Keputusan Pembelian, Minat Beli Konsumen, Promosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan promosi baik secara
parsial, simultan, direct effect dan indirect effect terhadap keputusan pembelian melalui variabel
intervening yaitu minat beli konsumen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah brand awareness
(X1) dan promosi (X2), Variabel interveningnya adalah Minat Beli Konsumen (Y), sedangkan variabel
dependennya adalah keputusan pembelian (Z). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan
verifikatif. Populasi berjumlah 130 orang dan metode sampling yang digunakan adalah simple random
sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Metode analisis data menggunakan software
SPSS Ver. 22.00. Hasil dari penelitian ini membuktikan baik secara parsial maupun simultan brand
awareness dan promosi berpengaruh simultan dan signifikan terhadap minat beli konsumen, Berdasarkan
uji hipotesis, kontribusi pengaruh brand awareness dan promosi terhadap keputusan pembelian sebesar
40,0% sedangkan sisanya 60,0% merupakan pengaruh faktor lain.

Published
2018-06-29