Analisis Dampak Ukuran Perusahaan dan Manajemen Laba Terhadap Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Rizal Abas Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bongaya, Makassar, Indonesia
  • Dahniyar Daud Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bongaya, Makassar, Indonesia
  • Annas Lalo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bongaya, Makassar, Indonesiada
  • Andi Agus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bongaya, Makassar, Indonesia
  • Hisnol Jamali Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bongaya, Makassar, Indonesia
  • Rahman Pura Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bongaya, Makassar, Indonesia
Keywords: Corporate Social Responsibility (CSRIi), Manajemen Laba (EDA), Ukuran Perusahaan (Size).

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui bagaimana dampak ukuran perusahaan dan manajemen laba terhadap corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengumpulan data menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang diakses melalui www.idx.co.id pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 159 perusahaan. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, sehingga sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu berjumlah 57 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan yang diukur dengan logaritma natural (size) berpengaruh negatif signifikan terhadap corporate social responsibility yang diukur dengan menggunakan corporate social responsibility index (CSRIi), dana manajemen laba yang diukur dengan estimate discresset accrual (EDA) tidak berpengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility (CSR) yang diukur dengan corporate social responsibility index (CSRIi). Implikasi dari hasil pengaruh ukuran perusahaan yang negatif  menunjukan bahwa realisasi pengungkapan CSR pada perusahaan relatif rendah karena tidak semua perusahaan menggunakan pedoman pengungkapan CSR yang terbaru (GRI G-4) dimana indikator pengungkapan CSR dalam pedoman ini lebih luas. Sedangkan implikasi dari manajemen laba tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility (CSR) kegiatan manajemen laba yang dilakukan oleh perusahaan tidak akan meningkatkan kegiatasn CSR.

 

Abstract - This study aims to determine and test company size and earnings management on corporate social responsibility in manufacturing companies in the consumer goods industry sector listed on the Indonesia Stock Exchange. Data collection uses secondary data obtained from financial reports accessed through www.idx.co.id in manufacturing companies in the consumer goods industry sector using purposive sampling technique. The population is 53 Manufacturing companies in the consumer goods industry sector listed on the Indonesia Stock Exchange with a total of 159 observations. While the samples taken were 57 observations.The results showed that the size of the company as measured by natural logarithms (size) had a significant negative effect on corporate social responsibility as measured using the corporate social responsibility index (CSRIi), earnings management funds measured by estimate discresset accrual (EDA) had no effect on corporate social responsibility (CSR) as measured by the corporate social responsibility index (CSRIi). The implications of the results of the negative influence of company size show that the realization of CSR disclosure in companies is relatively low because not all companies use the latest CSR disclosure guidelines (GRI G-4) where the CSR disclosure indicators in these guidelines are broader. While the implications of earnings management have no effect on corporate social responsibility (CSR), earnings management activities carried out by companies will not increase CSR activities.

Author Biography

Rizal Abas, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bongaya, Makassar, Indonesia

Pemateri di KRA  XI Tahun 2024 no artikel 2744

Published
2024-12-04