Pertimbangan Tingkat Materialitas dalam Laporan Keuangan Pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta: Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

  • Tikkos Sitanggang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Y.A.I, Jakarta, Indonesia
  • Andre Dearly Tjendra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Y.A.I, Jakarta, Indonesia
  • Henni Handari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Y.A.I, Jakarta, Indonesia
  • Malik Hidayat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Y.A.I, Jakarta, Indonesia
Keywords: Etika Profesi, Pengalaman, Pertimbangan Tingkat Materialitas, Profesionalisme.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh profesionalisme auditor, pengalaman auditor dan etika profesi auditor terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam laporan keuangan pada kantor akuntan publik di Jakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah auditor-auditor yang bekerja pada kantor akuntan publik di wilayah Jakarta. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode convenience sampling dan berdasarkan metode tersebut diperoleh 100 responden auditor yang tersebar dalam 18 kantor akuntan publik di Jakarta. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesíoner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan structural equation modeling (SEM) yang didukung oleh aplikasi smart-PLS merupakan novelty dalam penelitian ini, penelitian sebelumnya menggunakan aplikasi SPSS dalam pengolahan datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme auditor, pengalaman auditor dan etika profesi auditor berpengaruh positif terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam laporan keuangan. Menurut penelitian ini, elemen profesionalisme auditor, pengalaman auditor, dan etika profesi dalam mendeteksi kesalahan sangat memengaruhi pertimbangan tingkat materialitas laporan keuangan. Oleh karena itu, sangat penting bagi auditor untuk terus mempertahankan dan meningkatkan profesionalitas dan tanggung jawabnya.

 

Abstract - The study aims to test and analyze the influence of auditor professionalism, auditor experience, and the ethics of the auditor profession on the level of materiality in financial statements at the public accounting office in Jakarta. The population used in this study is an auditor-auditor who works in the public accounting office in the Jakarta region. The sample in this study was determined using convenience sampling, and based on the method obtained, 100 audit respondents were spread across 18 public accounting offices in Jakarta. This research uses primary data obtained through a questionnaire. The analysis method used in this study using structural equation modeling (SEM) supported by the smart-PLS application is a novelty in this research compared to previous research using the SPSS application in data processing. The results of this study show that the professionalism of the auditor, the audit experience, and the ethics of the audit profession have a positive influence on consideration of the level of materiality in financial statements. According to the study, the elements of auditor professionalism, auditor experience, and professional ethics in the detection of errors greatly influenced consideration of the level of materiality of financial statements. Therefore, it is essential for the auditor to continue to maintain and enhance his professionalism and accountability.

Published
2024-07-20