Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pada Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut

  • Hamilah
  • Fairuz Salma Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Y.A.I, Jakarta, Indonesia
  • Yopi Yulius Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Y.A.I, Jakarta, Indonesia
  • Yosandi Yulius Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Y.A.I, Jakarta, Indonesia
Keywords: Kualitas Laporan Keuangan, Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah, Perencanaan Anggaran, Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Pengendalian Internal.

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menguji dan menganalisis kualitas laporan keuangan Sekretariat Ditjen Perhubungan Laut dipengaruhi oleh penerapan standar akuntansi pemerintah, perencanaan anggaran, sistem informasi akuntansi, dan sistem pengendalian interen. sampel yang terpilih adalah 100 responden, teknik sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang terpilih pada proses penyusunan dan akuntabilitas laporan keuangan yaitu bagian sumber daya manusia, bagian umum dan peralatan, bagian perencanaan, dan departemen keuangan. Penelitian ini menggunakan data primer yang dianalisis menggunakan metode partial least square (PLS) yang berbasis structural equation model (SEM) versi 3.0. Menurut hasil penelitian ini, standar akuntansi pemerintah dan perencanaan anggaran mempengaruhi kualitas laporan keuangan secara signifikan, tetapi sistem pengendalian interen dan informasi akuntansi tidak mempengaruhi kualitas laporan keuangan. Penelitian ini menekankan betapa pentingnya memiliki sumber daya manusia yang berpengalaman dalam proses perencanaan dan penyusunan anggaran. Ini menunjukkan bahwa menghasilkan dan menyajikan laporan keuangan berkualitas tinggi membutuhkan pematuhan terhadap standar akuntansi pemerintah. Novelty dalam penelitian ini judul tersebut belum pernah diteliti pada instansi Direktorat Jendral Perhubungan Laut.

 

Abstract - The research aims to test and analyze the quality of financial reports in the Secretariat of the Directorate General of Sea Transportation influenced by the application of government accounting standards, budget planning, accounting information systems, and internal control systems. The selected sample consists of 100 respondents, using a purposive sampling technique. The chosen departments involved in the financial reporting and accountability process are human resources, general affairs, and equipment, planning, and finance departments. This study utilizes primary data analyzed using the partial least squares (PLS) method based on structural equation model (SEM) Version 3.0. According to the findings, government accounting standards and budget planning significantly influence the quality of financial reports, whereas internal control systems and accounting information systems do not. The research underscores the importance of having experienced human resources in the budget planning and preparation process. It demonstrates that producing and presenting highquality financial reports necessitates adherence to government accounting standards. The novelty of this research lies in its exploration of a topic that has not been previously studied within the Directorate General of Sea Transportation.

Published
2024-08-01