Technology Acceptance Model: Persepsi Mahasiswa terhadap Kinerja Aplikasi Zoom Atas Perkuliahan Akuntansi Online
Abstract
Pandemi COVID 19 menyebabkan perubahan besar dalam perkuliahan. Pada masa ini hampir kesuluruhan perkuliahan dilakukan secara online menggunakan platform seperti aplikasi zoom. Penelitian bertujuan menganalisis persepsi mahasiswa Akuntansi terhadap kinerja aplikasi zoom yang digunakan untuk perkuliahan secara online. Analisis berdasarkan technology acceptance model (TAM) yang menyatakan bahwa penerimaan terhadap system informasi dipengaruhi oleh perceived of usefulness (POU) dan perceived ease of use (PEU). Penelitian dilakukan di Yogyakarta pada mahasiswa akuntansi sebagai obyek penelitian mengingat sebagian besar mata kuliah akuntansi bersifat kuantitatif, dan kemungkinan mahasiswa akan menemui kesulitan memperoleh contoh pengerjaan soal. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah data diperoleh 334. Penelitian ini akan mengadopsi variable independent POU dan PEU serta analisis pengaruhnya terhadap kinerja aplikasi perkuliahan online. Selanjutnya analisis pengaruh penggunaan aplikasi online terhadap persepsi kinerja aplikasi zoom. Berbeda dengan sebelumnya pada penelitian ini menambahkan pengaruh penggunaan aplikasi pada persepsi user terhadap kinerja aplikasi. Analisis data menggunakan regresi bertahap (intervening regression analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa PEU dan POU mempengaruhi kinerja aplikasi perkuliahan online. Hasil penelitian ini berimplikasi penggunaan aplikasi zoom dalam pembelajaran daring sudah sesuai dengan persepsi kemanfaat dan persepsi kemudahan penggunaan. Dengan demikian aplikasi zoom cocok digunakan utk pembelajaran daring pada mata kuliah akuntansi.