Pengaruh Penerapan E-SPT, Pengetahuan Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Jakarta Kemayoran

  • Irzan Syahrial STIE YAI
Keywords: Penerapan e-SPT, Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskal, Kepatuhan Wajib Pajak.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan e-SPT, pengetahuan perpajakan, dan kualitas pelayanan pelayanan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah KPP Pratama Jakarta Kemayoran.

       Sampel dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Jakarta Kemayoran sebanyak 103 wajib pajak orang pribadi dengan penentuan sampel dikembangkan dari rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling. Responden dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Jakarta Kemayoran. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer secara langsung melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS 24. Data dianalisis untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.

        Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan e-SPT berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. (2) pengetahuan perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. (3) kualitas pelayanan perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. (4) penerapan e-SPT, pengetahuan perpajakan, dan kualitas pelayanan perpajakan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak.

Published
2022-07-31