Determinan Faktor Terjadinya Penghindaran Pajak

  • M. Nur Universitas Nasional
Keywords: Penetapan harga transfer, ukuran perusahaan, intensitas modal, penghindaran pajak

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris untuk mengetahui pengaruh transfer pricing, ukuran perusahaan dan intensitas modal terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur dan sektor kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016 -2018.
Penelitian ini menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan purposive sampling.
Jumlah sampel 13 perusahaan yang memenuhi kriteria dan digunakan dengan metode kuantitatif. Data
yang di Uji menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi program Eviews 9.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi panel transfer dan menggunakan program app
eviews 9.0. harga dan intensitas modal berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak secara parsial dengan tingkat signifikansi kurang dari 5%. Sedangkan variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikn secara parsial. Hasil regresi dianalisis secara simultan bahwa transfer pricing, ukuran perusahaan dan intensitas modal secara bersama-sama berpengaruh terhadap penghindaran
pajak. Kemampuan prediksi dari ketiga variabel penghindaran pajak sebesar 55,35% sedangkan sisanya sebesar 44,47% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dalam penelitian ini.

Published
2020-11-30