Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Perusahaan

  • Yudhi Yuliansyah Business And Capital Market Collage
Keywords: good corporate governance, ukuran perusahaan, pengungkapan corporate social responsibility dan kinerja perusahaan, CFROA .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh good corporate governance, ukuran perusahaan dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap kinerja perusahaan. Dimana kinerja perusahaan diukur dengan CFROA.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling tehadap perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2015 – 2019. Sebanyak 30 perusahaanmanufaktur yang menjadi kriteria sampel dalam penelitian ini.Dengan menggunakan bantuan program EVIEWS 8 dan teknik analisis data yang meliputi statistik deskriptif, analisis regresi data panel, uji asumsi klasik dan terakhir pengujian hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwagood corporate governancetidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan dan pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Hal ini menyatakan bahwa Good Corporate Governance,Ukuran Perusahaan dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility mampu menjelaskan
Kinerja Perusahaan sebesar 13,18%. Sisanya 86.82% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2020-11-30