Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pada Sosialisasi Perpajakan, Tarif pajak, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib pajak UMKM. Data yang digunakan adalah data primer yang diambil dengan cara menyebarkan kuesioner yang berisi pernyataan - pertanyaan yang dijawab responden. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang berada di pasar Gembrong dan pasar Johar Baru. Sampel yang dipilih adalah 130 responden dengan teknis simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana data dipatkan dari kuesioner. Analisis data penelitian mengunakan regresi liner berganda, dengan SPSS versi 24. Hasil analisis menunjukkan bahwa Sosialisas perpajakan, tarif pajak, dan sanksi perpajakan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Secara simultan sosialisasi perpajakan, tarif pajak, dan sanksi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.