Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Kerahasiaan Serta Kesiapan Teknologi Informasi : Implikasinya Pada Penggunaan E-Filing

  • Mery Wanialisa Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: E-Filing, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, keamanan dan privasi, dan kesiapan teknologi informasi.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, keamanan dan privasi, dan kesiapan teknologi informasi wajib pajak terhadap penggunaan e-Filing. Penelitian ini menggunakan data primer dengan metode survei menggunakan media kuesioner kepada Wajib Pajak di KPP Jakarta Pusat. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak yang terdaftar di KPP Pratama Jakarta Senen. Oleh karena itu pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 98 responden yang dapat diolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, keamanan dan privasi, serta kesiapan teknologi informasi wajib pajak terhadap penggunaan e-Filing secara parsial maupun simultan. Nilai Adjusted R-Square 0,68 artinya variabel bebas menentukan koefisien determinasi sebesar 0,68 menunjukkan variabel bebas menentukan variabel terikat sebesar 68%. Jika tidak, 32% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, keamanan dan privasi, dan kesiapan teknologi informasi memiliki pengaruh terhadap penggunaan sistem e-Filing wajib pajak.

Published
2019-07-31