Penerapan Sistem E-SPT, Pengetahuan Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Petugas Pajak dan Pengaruhnya Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama

  • Asep Sutarman UHAMKA
Keywords: penerapan sistem e-SPT, Pengetahuan Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Petugas Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Pusat.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris Pengaruh Penerapan Sistem e-SPT, Pengetahuan Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Petugas Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Pusat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Jakarta Pusat yang berjumlah 130 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 24.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel penerapan sistem perpajakan, kesadaran wajib pajak dan penegakan sanksi perpajakan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan positif terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama wilayah Jakarta Pusat.

Published
2019-03-29