Kualitas Hasil Audit Pada Kantor Akuntan Publik (KAP) Menengah dan Kecil

  • Tries Handriman Jamain Universitas Sahid
Keywords: Kualitas Hasil Audit, KAP Menengah dan Kecil, Auditor

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas hasil audit pada Kantor Akuntan
Publik (KAP) menengah dan kecil. Kualitas audit dievaluasi berdasarkan kompetensi, independensi,
akuntabilitas, dan motivasi auditor. Desain penelitian ini termasuk explanatory research dengan jenis
penelitian pengujian hipotesis berdasarkan studi lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor
KAP kecil dan menengah di Jakarta. Jenis data adalah data primer dengan metode pengumpulan data
menggunakan kuesioner berskala likert untuk mengetahui respon masing-masing variable. Responden
merupakan mitra, senior, atau auditor junior pada KAP tersebut sejumlah 265 responden. Pemilihan
responden menggunakan simple ramdom sampling. Analisis data menggunakan ordinary least square dan
diolah menggunakan SPSS.
Hasil analisis menyimpulkan bahwa secara parsial maupun simultan kompetensi, independensi,
akuntabilita, motivasi terbukti berpengaruh signifikan terhadap kualitas hasil audit Kantor Akuntan Publik
(KAP) menengah dan kecil. Besarnya pengaruh variable-variabel tersebut adalah sebesar 58,2%.

Published
2018-07-31