JRAA Vol. 9 No. 1 Maret 2022 Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemakai Layanan Jasa

Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemakai Layanan Jasa

  • Fran Sayekti Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Bahagia Tarigan Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Lilis Endang Wijayanti Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Reni Utami Universitas Teknologi Yogyakarta
Keywords: Kualitas layanan, Bukti Fisik, Kehandalan, Daya tanggap, Jaminan, Perhatian, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemakai layanan jasa pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta. Responden dalam penelitian ini adalah para pemakai jasa layanan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dengan Kepuasan sebagai variabel dependen dan kualitas layanan sebagai variabel independent. Dimensi layanan diukur dari bukti fisik, jaminan, kehandalan, daya tanggap dan perhatian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: dimensi layanan berupa bukti fisik dan jaminan memiliki pengaruh terhadap kepuasan, sedangkan kehandalan, daya tanggap dan perhatian tidak mempengaruhi kepuasan pemakai jasa layanan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Published
2022-03-30